TANGSEL.Turnbacknews.com – Indonesia dilanda keprihatinan akibat wabah virus corona. Tidak ada yang bisa menghindar dari situasi sekarang ini. Beradaptasi dengan situasi dan tetap berpikir positif menjadi pilihan yang paling masuk akal, tidak terkecuali bagi lembaga pendidikan seperti Sekolah Stella Maris BSD. Proses belajar mengajar harus tetap berjalan meski digelar secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam sebuah kesempatan, Uning Widyastuti Anastasia, Head of School (HOS) Sekolah Stella Maris BSD menyatakan,”Pendidikan adalah hal utama bagi masa depan seorang anak. Melalui pendidikan jalan untuk meraih cita-cita terbuka lebar. Bicara tentang pendidikan bukan hanya bicara tentang pengetahuan. Memiliki pengetahuan tanpa disertai pendidikan karakter akan membentuk generasi tidak sehat, yang akan berujung pada keterpurukan. Oleh karenanya Sekolah Stella Maris BSD sangat mengedepankan penanaman nilai-nilai positif untuk membentuk karakter seluruh peserta didik dalam setiap kegiatan belajar mengajar.”

Menyadari bahwa setiap pribadi (siswa) itu unik, maka cara belajar setiap siswa pun pasti berbeda. Sehingga pendekatan kepada masing-masing siswa juga tidak sama. Tidak semua siswa bisa mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mudah. Ada siswa yang memerlukan waktu lebih lama dari teman lainnya untuk memahami sebuah materi pelajaran, sementara jumlah jam pelajaran PJJ lebih singkat dibandingkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Namun, pada dasarnya tujuan dari setiap pembelajaran adalah agar seluruh siswa bisa memahami dan tuntas dalam setiap kompetensi dasar yang hendak dicapai. Hal tersebut berlaku juga di SD Stella Maris BSD.

Pertanyaannya, apa strategi SD Stella Maris BSD agar PJJ bisa berjalan secara efektif?

Tetap terjadwal namun fleksibel terhadap kebutuhan siswa
Dengan cara ini salah satu tujuan yang ingin diraih sekolah adalah untuk menumbuhkan karakter disiplin pada siswa. Sejalan dengan hal tersebut, terdapat beberapa  peraturan yang diterapkan selama kegiatan PJJ. Hal ini bertujuan selain untuk menanamkan karakter disiplin juga untuk menanamkan karakter saling menghargai, peduli, dan santun. Di samping itu, karakter kerja sama (kolaborasi)

juga ditanamkan melalui kegiatan diskusi kelompok dengan cara breakout room pada aplikasi Zoom.

Variasi cara menyajikan materi pembelajaran
Bukan hanya penanaman karakter yang menjadi fokus dalam PJJ tetapi SD Stella Maris BSD juga memperhatikan metode pembelajaran yang diberikan agar dapat menjangkau gaya belajar setiap siswa. Metode pembelajaran ini disajikan dalam berbagai bentuk seperti video untuk memudahkan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditori atau presentasi untuk memudahkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik.

Membuka waktu belajar tambahan di luar jam kelas
Dalam upaya tercapainya pemahaman semua siswa terhadap materi yang diajarkan saat PJJ, guru memberikan waktu belajar tambahan di luar jam kelas. Hal ini dilakukan baik secara daring (online) via Zoom maupun secara luring (offline) dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.
Segala upaya yang sudah dilakukan oleh SD Stella Maris BSD boleh dikatakan bisa berhasil dengan baik sejauh ini. Berbagai tantangan maupun kendala pada saat pelaksanaan PJJ bisa diatasi berkat kerja sama yang baik antara guru, siswa, dan orang tua.

 

(Adella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here