SUBANG | TURNBACKNEWS.COM – Anggota Senkom Mitra Polri Bidang Penanggulangan Bencana & SAR yang berdasarkan Pasal 26 UU No.24/2007 tentang Penanggulangan Bencana yang menyebutkan bahwa masyarakat berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan ketrampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana serta mendapatkan informasi secara tertulis dan/atau lisan.

Pelatihan Penanggulangan Bencana & SAR merupakan pemberdayaan Anggota Senkom Mitra Polri Kab. Subang melalui program pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat dan sebagai bentuk partisipasi Senkom Mitra Polri dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap mitigasi dan penanganan gawat darurat serta sebagai upaya penguatan kelembagaan tangguh bencana.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6-7  November 2022 kemarin, dengan diikuti puluhan personil Team Inti Senkom Rescue Kabupaten Subang,  hari pertama kegiatan dimulai dengan registrasi peserta serta pembekalan dari Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Subang H. Hendy Mardian ST dilanjut kegiatan teori dan praktek penanganan Rescue dan materi tentang pertolongan pertama serta evakuasi korban oleh M. Ali dan Faza sebagai pemateri yang  sebelumnya sudah mengikuti Diklat SAR yg diselenggarakan oleh Basarnas di Bandung.

Dihari ke dua setelah senam pagi sebagai pemanasan semua anggota mendapatkan pelatihan baris berbaris , kedisiplinan dan evakuasi korban banjir atau tenggelam oleh Sertu Imam Santosa dan Drs.Agus Samsudin, yang berlokasi di Situ Cigayonggong Kasomalang.

Dengan mengemas simulasi penanggulangan bencana dan korban banjir dengan semangat riang gembira dapat meningkatkan SDM anggota Senkom Mitra Polri dalam menjaga kerukunan, kekompakan, kerjasama yang baik sesama anggota serta terdidik, terlatih dan trampil dalam mempersiapkan peralatan Rescue atau mempergunakan peralatan seadanya dalam penanggulangan bencana sehingga diharapkan anggota Senkom Rescue bisa melaksanakan Motto nya yaitu Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan.

(AbdurLines/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here